Bagaimana Menulis Lagu Yang Terdengar Seperti Yang Anda Inginkan

Saat Anda menulis lagu, apakah Anda terkadang kesulitan membuatnya terdengar persis seperti yang Anda inginkan? Pernahkah Anda mendapati diri Anda mengatakan “Kedengarannya tidak benar” saat Anda mendengarkan kembali satu atau beberapa bagian dalam musik Anda? Sebenarnya, ini terjadi untuk semua penulis lagu pada satu titik atau lainnya terlepas dari tingkat pengalaman mereka. Namun, Anda dapat mengatasi tantangan ini dan mulai menulis lagu yang lebih ekspresif dengan menguasai konsep “kesatuan dan variasi”. Dengan memahami cara menciptakan keseimbangan antara kesatuan dan variasi, Anda akan dapat membuat musik Anda jauh lebih menarik dan ekspresif.

 

Mendefinisikan “Persatuan Dan Variasi” Dan Menggunakannya Dalam Musik Anda

Setiap kali seseorang mendengarkan suatu musik, mereka secara sadar atau tidak sadar mendengarkan keseimbangan antara kesatuan dan variasi dalam musik tersebut. Faktanya, kemampuan Anda untuk menggunakan elemen-elemen ini secara kreatif akan memainkan peran utama dalam respons yang Anda dapatkan dari pendengar Anda (serta kualitas musik secara keseluruhan).

Jadi apakah persatuan dan keragaman dalam musik itu? “Persatuan” mengacu pada ide pengulangan, tetap sama atau menggunakan ide-ide serupa selama karya musik sementara “variasi” mengacu pada menciptakan rasa kebaruan dalam sebuah lagu dengan menambahkan ide, pola atau elemen musik baru. Dengan menjaga keseimbangan yang solid antara kesatuan dan variasi, Anda dapat melibatkan pendengar secara efektif dan membuat mereka tetap tertarik pada musik Anda untuk waktu yang lama. Keseimbangan yang baik pada dasarnya akan memanfaatkan perasaan nyaman “aman” dari ide-ide yang diulang-ulang sementara juga mencampurkan kejutan ide-ide baru untuk menambah ketegangan dan minat. Jika Anda pernah memiliki pengalaman menulis lagu yang tampaknya kurang menarik atau tidak bertransisi dengan baik dari bagian ke bagian; Anda kemungkinan besar memiliki keseimbangan yang buruk antara kesatuan dan variasi dalam satu atau lebih elemen musik Anda. Faktanya, banyak orang bergumul dengan masalah ini. Misalnya, berikut berbagai cara penulis lagu menulis musik yang “tidak seimbang” dengan menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit kesatuan atau variasi:

1. Irama dalam not untuk bagian tertentu dari sebuah lagu tidak dapat diprediksi dan tampaknya tidak memiliki keterkaitan dengan nuansa lagu secara keseluruhan (ini biasanya terjadi ketika orang memprogram not menjadi sebuah sequencer tanpa benar-benar memikirkan tentang apa yang mereka mainkan. sedang melakukan) = banyak variasi / tidak ada kesatuan

2. Ide melodi diulang terus menerus dengan sedikit atau tanpa variasi = banyak kesatuan / tanpa variasi

3. Penulis lagu menulis lirik lagu yang memanfaatkan ide-ide yang sangat mudah ditebak yang mengikuti klise dengan sedikit atau tanpa inovasi = banyak kesatuan / tanpa variasi

4. Musiknya terdengar sangat “aneh” karena terlalu banyaknya nada “out of key” yang tidak memiliki alasan khusus untuk berada di musik = banyak variasi / tidak ada kesatuan

5. Bagian yang berbeda dalam sebuah lagu diulang beberapa kali tanpa variasi utama (lirik yang sama, melodi yang sama, akord yang sama, dll.) = Banyak kesatuan / tidak ada variasi

Untuk mendengarkan lagu secara offline di smartphone, Anda bisa download lagu mp3 di situs Gudang Lagu Stafaband yang bisa download lagu super cepat dan terbaik, gratis dan terpercaya.

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Persatuan Dan Variasi Dengan Cara yang Seimbang dan Efektif

Untuk mempelajari bagaimana menulis lagu yang sangat ekspresif, sangat berguna untuk memahami bagaimana kesatuan dan variasi sering disalahgunakan (lihat di atas) dan bagaimana mereka digunakan secara efektif untuk membuat sebuah lagu lebih menarik .. Untuk melakukan ini, Anda perlu untuk mempelajari cara menciptakan dan mengubah ekspektasi dalam benak pendengar Anda. Ide dasarnya adalah Anda menggunakan “kesatuan” untuk membangun serangkaian ekspektasi dan kemudian menambahkan perubahan mendadak dengan menggunakan “variasi” untuk menyajikan kepada pendengar sesuatu yang tidak mereka antisipasi. Ide ini sederhana di permukaan, tetapi kompleksitasnya muncul pada kenyataan bahwa Anda dapat menerapkannya secara harfiah ke elemen atau situasi musik apa pun.

Faktanya, persatuan dan keragaman tidak hanya digunakan secara eksklusif dalam ranah penulisan lagu. Ide keseimbangan dalam ide atau pola musik ini ada karena kemampuan universal kita untuk memahami simetri di alam. Sebagai manusia, otak kita telah berevolusi untuk memperhatikan simetri dari waktu ke waktu karena hal itu terbukti sangat menguntungkan untuk dilakukan. Misalnya, kemampuan kita untuk memperhatikan simetri dalam pola telah membantu kita menemukan sesuatu untuk dimakan, menjauh dari bahaya, dan mendapatkan kebiasaan berguna lainnya yang telah membantu kita bertahan hidup.

Karena persatuan dan keragaman tidak hanya eksklusif untuk musik, Anda dapat belajar banyak tentangnya dengan melihat area non-musik lainnya. Untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep penting ini, saya telah memberikan daftar contoh di luar bidang musik yang menggunakan kesatuan dan variasi secara efektif. Selain itu, saya telah menyertakan beberapa cara agar Anda dapat menggunakan informasi dalam topik di bawah ini untuk meningkatkan penulisan lagu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *