Herbal Obat India untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan

Harvesting Herbs | Harvesting herbs, Herbs, Preserving herbs

Meskipun kita mungkin telah menggunakan jamu India terus-menerus, pandemi Coronavirus telah menghidupkan kembali bidang pengobatan alternatif. Kami secara bertahap menyerap filosofi inti Ayurveda – mencegah lebih baik daripada mengobati. Akibatnya, terjadi perubahan besar dalam pola makan dan gaya hidup kita.

Misalnya, kami sekarang condong ke produk organik. Preferensi ini karena manfaat kesehatan dan nutrisi yang ditawarkan oleh makanan bebas bahan kimia ini. Demikian pula, kami juga mempraktikkan makan dengan sadar dan penuh perhatian dengan mempertimbangkan penggunaan tanaman obat India. Di sisi gaya hidup, olahraga juga menjadi penting dan menjadi prioritas.

Sebagai upaya untuk mendukung upaya tersebut, berikut adalah daftar ramuan obat India yang dapat Anda tambahkan ke dalam makanan Anda:

Herbal Obat India untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan

Berikut adalah daftar beberapa ramuan obat India terbaik yang harus Anda miliki di sekitar rumah Anda:

Aksara Brahmi ( Bacopa monieri )

Aksara Brahmi adalah ramuan terapeutik yang merupakan makanan pokok dalam pengobatan Ayurveda. Ayurveda telah menggembar-gemborkan manfaat kesehatan dari jamu India , terutama untuk meningkatkan fungsi kognitif , mengurangi kecemasan, dan bahkan mengobati epilepsi!

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal for Ethnopharmacology , sifat anti-inflamasi Brahmi sebanding dengan efek NSAID umum. Sebagai ramuan adaptogenik, aksara Brahmi dapat mendukung kapasitas penanganan stres tubuh, sekaligus meningkatkan fungsi otak.

Gotu Kola ( Centella asiatica )

Gotu Kola secara populer dielu-elukan sebagai ‘ramuan umur panjang’. Tanaman menjalar abadi ini tidak memiliki rasa atau bau, yang membuatnya sempurna untuk suplementasi. Ayurveda menganggap ramuan ini sebagai ramuan utama untuk memurnikan darah dan merevitalisasi saraf dan otak. Sebuah studi berbasis bukti menunjukkan bagaimana ekstrak pegagan melindungi fungsi kognitif pada pasien stroke.

Studi pendahuluan juga menunjukkan bahwa ramuan obat India dapat mengurangi varises , mencegah pembentukan stretch mark, mengontrol gejala eksim dan psoriasis, serta membantu penyembuhan luka lebih cepat .

Tulsi ( Ocimum tenuiflorum )

Tulsi, atau Basil Suci, adalah ratu tanaman obat India . Menurut Ayurveda, setiap bagian dari ramuannya, mulai dari bijinya hingga daunnya, dapat mengobati berbagai kondisi kesehatan mulai dari mual hingga malaria! Cukup tambahkan beberapa daun tulsi ke dalam teh Anda, dan Anda akan menikmati segudang manfaat kesehatannya.

Studi ilmiah telah menunjukkan bagaimana tulsi dapat melindungi tubuh Anda dari unsur-unsur beracun, infeksi, dan penyakit kronis seperti diabetes dan radang sendi. Ini adalah adaptogen kuat yang dapat mengurangi stres mental, fisik, metabolik, dan toksikan.

Mint ( Mentha arvensis )

Apakah Anda menikmatinya sebagai hiasan di atas biryanis yang lezat atau sebagai chutney di samping – mint terkenal karena menambahkan sentuhan yang menyegarkan. Tetapi tahukah Anda bahwa ramuan obat India  juga dapat memberi Anda dorongan yang sehat?

Itu dikemas dengan vitamin esensial, mineral, dan antioksidan, yang melakukan perbaikan dan pemeliharaan tubuh. Mint juga dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kewaspadaan. Ini memiliki efek pendinginan dan aroma khas, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati, menjauhkan nyamuk, dan melawan halitosis. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial peppermint dikatakan dapat meredakan gejala Sindroma Usus Radang dan masalah pencernaan lainnya.

Fenugreek ( Trigonella foenum-graecum )

Fenugreek, atau methi, adalah salah satu tanaman obat India paling populer yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan Cina. Daun dan biji ramuan cemara ini menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Anda bisa mendapatkan ramuan obat India segar selama musim dingin atau menggunakan bentuk keringnya – Kasuri Methi dalam makanan Anda.

Dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah, mengurangi rambut rontok, meningkatkan nafsu makan, mempercepat metabolisme, mengontrol tekanan darah, mengelola diabetes, dan mengurangi nyeri sendi. Pria dapat menggunakan suplemen fenugreek untuk meningkatkan produksi testosteron dan meningkatkan kinerja olahraga . Di sisi lain, wanita menyusui bisa mendapatkan keuntungan melalui peningkatan produksi ASI .

Ketumbar ( Coriandrum sativum )

Ketumbar merupakan salah satu tanaman obat India yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Hasilnya, ini dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dan melindungi Anda dari penyakit. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ramuan ini mungkin juga ampuh dalam mengurangi gula darah melalui tindakan enzimatik.

Selain itu, ketumbar juga efektif menjaga kesehatan jantung, otak, usus, dan kulit. Efek diuretik ketumbar mengeluarkan racun, natrium, dan air dari tubuh, yang membantu mengendalikan kolesterol. Uji klinis menunjukkan bahwa ketumbar bisa sekuat Diazepam dalam mengelola kondisi seperti kecemasan!

Anda dapat memilih beberapa ramuan obat India yang tercantum di atas dan menggunakannya untuk membuat teh herbal yang meremajakan atau Anda bisa mencoba growing herbs lainnya. Alternatifnya, Anda bisa memilikinya dalam bentuk kapsul, tablet, bedak, dan suplemen. Apa pun itu, Anda pasti akan menambah rasa dan kesehatan dalam hidup Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *